Membuat Pendaftaran ONLINE

Oke sobat, kali ini kita akan membuat Formulir Online untuk membuat pendataran secara online. Aplikasi yang kita gunakan adalah Aplikasi yang disediakan oleh salah satu mesin pencari terbesar yaitu google. Kita menyebutnya Google Docs dan tampilannya berbasis Web. Dengan aplikasi ini sobat dapat membuat dokumen baru, seperti doc, xls, dan bisa juga file odt, ods, rtf, csv, ppt, dan html. Tentu ini jauh lebih komplit karena file berektensi odt itu hanya dimiliki oleh open office.

Tampilannya mirip dengan MS. Office 2003, sehingga dengan mudah menjalankannya. Fitur yang tidak dimiliki oleh aplikasi lain adalah fitur kolaborasi, fitur ini bisa langsung sobat gunakan dengan memberi cek di depan nama file, lalu sobat bisa share dokumen tersebut..


Kita langsung mencoba membuatnya, sebelumnya sobat harus memiliki akun Google terlebih dahulu, sobat bisa daftar di Google caranya gampang anda tinggal mengisi kotak dialog dan persyaratan yang diberikan oleh google
Satu lagi sobat, kalau sobat mempunyai blog/website sobat bisa memasang pendaftaran tersebut pada blog/website sobat wow keren kan.....


Setelah sobat mendaftar anda masuk pada akun google.
Setelah sobat masuk pada laman muka google, sobat cari bacaan "selengkapnya" pada laman atas google, dan pilih "Documen".
Setelah sobat masuk pada dokumen google atau docs Google banyak sekali penawaran google yang disediakan untuk memudahkan pekerjaan perkantoran, tapi untuk untuk petani ada ga yah... he..he... 
Kita lanjut sobat, setelah masuk, sobat cari "Create New" yang terletak di pojok kiri atas (jangan di toblos yah he..he..) lalu sobat pilih "form" untuk membuat formulir Pendaftaran. 

Sobat akan memasuki pase pembuatan formulir pandaftara, di sini saya akan membuat formulir pendaftaran Pendaftaran Calon Paskibra. 
Pada Kotak dialog paling atas (Untitled form) anda diminta untuk mengisi judul dari Formulir yang akan anda buat seperti "Formulir Pendaftaran Calon Paskibra", pada kotak dibawaknya anda bisa mengisikan keterangan seputar formulir.
Pada kotak "Question title" sobat isikan pertanyaan atau Persyaratan Pertama seperti Nama Lengkap.
Pada kotak "Help Text" silahkan sobat isi dengan memberikan batuan cara pengisian
Pada kotak "Question Type" sobat isikan type dari jawaban, apakah berupa Text, Paragraf Text, Multiple Choice, Check Boxs, dan lain-lain, sobat bisa pilih typenya sesuai dengan pertanyaan, kalau menanyakan Nama Lengkat Berarti menggunakan Text, Kalau Menanyakan Jenis Kelamin Bisa Menggunakan Multiple Choice, atau Check Boxs, kalau menanyakan alamat bisa menggunakan Paragraf Text.
Untuk selanjutnya sobat isikan dengan pertanyaan yang sobat inginkan. 
Pada Form ini pula sobat dapat membuat Pertanyaan Pilihan Ganda untuk syarat pendaftaran.

Oh ya Sobat....
untuk Edit, Duplikat, dan Delete disediakan di sebelah kanan pertanyaan.

Setelah Sobat membuat persyaratan formulir sobat bisa memilih thema plain yang terdapat di pojok kiri atas. sobat pilih sesuai dengan hati sobat.lalu klik Apply.
Nah formulir pendaftaran sudah siap untuk digunakan.

Untuk selanjutnya bagaimana kita memunculkan formulir tersebut di blog/website kita....?????

Ok kita lanjut sobat...
Setelah selesai jangan keluar dahulu. sobat kelik More Action  di pojok kanan atas, lalu pilih Embed.
Sobat akan mendapatkan Link yang akan di pasang pada Blog/Website. Copy dan Pastekan Link tersebut pada Blog/Website anda. 
Dan sebelumnya anda harus Log In, disini saya menggunakan Blog. Login pada Dasbor, lalu pilih Perancangan, Elemen Laman dan Tambahkan Gadget. Pilih  HTML/Java Script. 
Pastekan Link pendaftaran ONLINE pada Gadget tersebut. 
Save dan Lihat Hasilnya.

formulir Pendaftaran siap di gunakan....

Pertanyaan selanjutnya "Bagaimana kita bisa melihat siapa saja yang sudah mendaftar di pendaftaran ONLINE ??"

Ok Terimakasih atas pertanyaannya dan saya akan jawab sobat he...he... ( siapa yang bikin dia sendiri yang jawab oneng yah he....he...)

Untuk melihatnya sobat hanya login pada Docs Google, dan ingat terlebih dahulu masuk ke akun sobat. Seperti biasa sobat pilih More/lainnya, lalu pilih documen seperti perintah di atas. 
di sana akan muncul Formulir Pendaftaran yang baru saja sobat buat. Sobat tinggal Klik maka akan muncul di tab baru berupa lama seperti Microsoft Excel, dan data yang diisi oleh peserta akan masuk ke sana. sobat juga bisa menyimpannya dalam bentuk format Excel yang bisa di download.

Huh gimana sobat.... memuaskan......???

Semoga artikel ini dapat membuat anda puas walau pundak saya pegel nih... he...he....

Ok Sobat Semoga Berhasil.......

Wassalam..........


0 comments:

Post a Comment

.