Cara Mengatur Jenis Kertas pada Microsoft Word

Microsoft Word merupakan salah perangkat lunak pengolah kata yang menjadi primadona setiap orang. Selain tampilannya yang semakin friendly, aplikasi ini pun dicetuskan oleh Microsoft Corporation yang merupakan perusaahan multinasional Amerika Serikat.

Ketika kita ingin membuat surat dengan menggunakan aplikasi ini, maka kita dihadapkan oleh penyajian tampilan surat yang dituntut rapih dan nyaman dibaca oleh pembaca. Tentu pengaturan ini berkaitan dengan jenis kertas yang akan dipakai dan ukuran marginnya.

Sebelum kita membuat surat, ada beberapa pengaturan dasar jenis kertas dan magin yang semestinya kita atur dahulu. Memang pengaturan ini pun bisa dilakukan setelah kita selesai menulis surat. Tetapi jika kita mengaturnya terlebih dahulu akan terlihat indah dan dapat menimbulkan ide-ide dalam mengelola katanya agar tepat sasaran.

Hal-hal yang diperhatikan dalam membuat surat adalah jenis kertas yang akan kita gunakan. Mungkin jika anda mempelajari Bahasa Indonesia yaitu tentang Tatacara Membuat Surat, ada jenis standar kertas yang harus digunakan. Tetapi disini saya hanya membahas tentang cara mengatur jenis kertas pada Microsoft Word. Versi yang saya gunakan dalam tutoral ini adalah Microsoft Word 2010. Versi ini saya gunakan karna tidak terlalu jauh tampilanya dengan Microsoft Word 2007 atau versi yang lebih tinggi dari versi dari versi 2010


  1. Pertama kita buka dahulu Microsoft Word,
  2. Setelah Tampilan Microsoft Word Terbuka. anda akan dihadapkan dengan kelompok-kelompok Ribbon-Ribbon seperti File, Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review dan View. Untuk mengatur kertas kita pilih Ribbon Page Layout, lalu pilih margins lalu Custom Margins..
  3. Ketika Custome Magins telah diklik. Akan muncul Window Page Setup, lalu anda pilih memu Paper. Pada Paper Size, anda bisa memilih jenis kertas yang akan anda gunakan, Klik OK jika anda sudah memilihnya.
Ingat selalu membiasakan untuk memilih jenis kertas yang anda gunakan setiap kali anda menulis surat karena akan mempengaruhi hasil cetaknya.


0 comments:

Post a Comment

.